Langsung ke konten utama

RPP SKI MTS perkembangan Islam pada masa Khulafaurrasyidin


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P )
Nama Sekolah: Mts UIN Sunan Kalijaga
Mata Pelajaran: Sejarah Kebudayaan Islam
Kelas / Semester: VII (Tujuh)  / 2  (dua)
Alokasi Waktu: 4 x 40 Menit (2 pertemuan)
I.            STANDAR KOMPETENSI
4.  Memahami sejarah perkembangan Islam pada masa Khulafaurrasyidin
II.           KOMPETENSI DASAR
4.1 Mengambil ibrah dari prestasi-prestasi yang dicapai oleh Khulafaurrasyidin untuk masa kini dan       yang akan datang
III.          INDIKATOR
1. Menjelaskan  ibrah dari prestasi-prestasi yang dicapai oleh Khulafaurrasyidin
2. Mengimplementasikan ibrah dari prestasi-prestasi yang dicapai oleh Khulafaurrasyidin  dengan kehidupan sekarang dan yang akan datang
IV.         TUJUAN PEMBELAJARAN
1. Dengan metode inquiry siswa dapat menjelaskan ibrah dari prestasi-prestasi yang   dicapai oleh Khulafaurrasyidin
2. Dengan mengetahui ibrah dari prestasi-prestasi yang dicapai oleh khulafaurrasyidin siswa diharapkan bias mengimplementasikan dalam kehidupan sekarang dan akan datang.
V.           NILAI KARAKTER YANG DIKEMBANGKAN
Relegius, percaya diri, kerja keras, bertanggung jawab
VI.         MATERI PEMBELAJARAN
Ibrah dari prestasi –prestasi yang dicapai oleh Khulafaurrasyidin
VII.        PENDEKATAN/METODE/STRATEGI PEMBELAJARAN
a.           Pendekatan       : Rasional, discovery
b.           Metode              : Ceramah dan Tanya jawab, penugasan, diskusi
c.           Strategi : information search, inquiry, main map
VIII.       KEGIATAN  PEMBELAJARAN
A.      PENDAHULUAN
·       Guru membuka pembelajaran dengan mengucapkan salam dan berdoa (nilai ketaqwaan dan saling menghargai), 
·       Mengecek kehadiran dan kesiapan siswa serta kebersihan kelas. (nilai disiplin )
·       Menanyakan kabar siswa (nilai peduli)
·       Guru melakukan penjajakan kesiapan belajar siswa dengan memberikan pertanyaan tentang materi yang akan diajarkan. (rasa ingin tahu)
·       Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai
B.      KEGIATAN INTI
Eksplorasi
·       Siswa membaca buku tentang usaha dan jasa-jasa khulafaur Rasyidin(nilai religius, percaya diri,  kerja keras,   bertanggung jawab)
·       Membuat peta konsep tentang usaha dan jasa-jasa khulafaur Rasyidin(nilai mandiri).               
Elaborasi
·       Guru menyuruh murid secara acak untuk mempresentasikan hasil pembuatan peta konsep, murid yang lain menyimak dan bertanya (nilai percaya diri)
Kofirmasi
·       Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan. (nilai ingin tahu, menghargai keberagaman)
·       Guru menjawab pertanyaan tentang hal-hal yang belum diketahui siswa dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar. (nilai santun) 
·       Guru memberikan motivasi kepada siswa untuk lebih aktif lagi dalam pembelajaran berikutnya. (nilai cinta ilmu dan peduli)
C.      PENUTUP
·       Guru dan siswa melakukan refleksi terhadap pembelajaran yang telah dilaksanakan. (nilai saling menghargai dan peduli)
·       Siswa dibimbing guru menyimpulkan materi pembelajaran (nilai kerja sama, tanggung jawab dan logis)
·       Guru mengakhiri pembelajaran dengan berdoa dan mengucapkan salam. (nilai ketaqwaan/Religius)
·       Keluar kelas dengan tertib pada waktunya (nilai disiplin)
VIII.       PENILAIAN
A.      Teknik Penilaian:Tes Tertulis
B.      Bentuk Instrumen:Tes Uraian
1. Jelaskan  ibrah dari prestasi-prestasi yang dicapai oleh Khulafaurrasyidin!
2. Berilah contoh tentang sikap pemimpin yang adil dan bijaksana!
IX.          SUMBER BELAJAR / ALAT
a.       Sumber Belajar
·       Buku SKI untuk MTs kelas VII penerbit Toha Putra Semarang
·       LKS SKI untuk MTs kelas VII
b.      Alat
·       Kertas Hvs
·       spidol
Yogyakarta, 1 Mei 2012
Kepala Mts UIN Sunan Kalijaga                                                                                                Guru Mapel SKI                                           
Awalludin, S.Pd.I                                                                                                                 Awalludin, S.Pd.I

Komentar

Postingan populer dari blog ini

mohon solusinya Anak saya umur 9 tahun, udah 1 bulan lebih ngeluh sakit leher, kaku gak bisa bebas gerak bahkan di bawa jalan pun sampai seperti bungkuk karena nahan sakit. Udah berobat ke dokter, ke ahli pijit tapi tidak ada perubahan. Malah sekarang katanya menjalar ke tangan Saya bingung harus bagaimana lagi . Adakah yg ngalamin Sama seperti anak saya?? Mohon solusi dan masukan.

Saya mengerti kekhawatiran Anda. Sakit leher yang menjalar ke tangan dapat disebabkan oleh berbagai hal, termasuk: Cedera leher , seperti terkilir atau patah tulang. Radang sendi , seperti rheumatoid arthritis atau ankylosing spondylitis. Neuropati , yaitu kerusakan pada saraf. Penyakit autoimun , seperti lupus atau multiple sclerosis. Infeksi , seperti meningitis atau ensefalitis. Jika anak Anda telah berobat ke dokter dan ahli pijat, tetapi kondisinya tidak membaik, maka sebaiknya Anda konsultasikan kembali dengan dokter. Dokter akan melakukan pemeriksaan lebih lanjut untuk menentukan penyebab sakit leher anak Anda. Jika penyebabnya adalah cedera, maka dokter akan memberikan obat-obatan dan terapi fisik untuk membantu pemulihan. Jika penyebabnya adalah penyakit, maka dokter akan memberikan pengobatan yang sesuai dengan penyakit tersebut. Berikut adalah beberapa tips yang dapat Anda lakukan untuk membantu mengurangi rasa sakit anak Anda: Berikan kom

NITROBACTER

NITROBACTER TERPILIH SEBAGAI PRODUK VISUALISASI IPTEKS LEMBAGA PENELITIAN DAN PENGABDIAN PADA MASYARAKAT (LPPM) UNSOED 2013 A.ABSTRAKSI TENTANG NITROBACTER oleh Thomas Janardi hp=081-391-400-500 formulator nitrobacter Mikroba (bakteri) adalah unsur vital dalam keseimbangan siklus tata ekologi tanah, dan merupakan faktor penentu bagi pertumbuhan tanaman apapun. Seberapapun banyaknya zat hara kaya nutrisi diberikan di tanah, tanpa peran mikroba tidak mungkin hara nutrisi ini diserap tanaman tanpa terlebih dahulu diubah menjadi ion-ion. Hal ini analogi dengan manusia diberi beras atau gabah padi, tentu harus dimasak dulu menjadi nasi baru bisa untuk dimakan. Dalam siklus ekologi alam, mikroba inilah yang memegang kunci dari segala yang bisa tumbuh di muka bumi ini. Bayangkan tanaman di gunung yang masih asri, ada jutaan flora tumbuh dan dibiarkan begitu saja , tidak ada yang merawat apalagi memberi pupuk, mereka dapat tumbuh subur, bahkan bertahan terhadap kekeringan berbulan-bulan serta

BUDIDAYA KROTO

Bisnis Ternak Kroto Bisnis ternak kroto ternyata banyak juga sekarang yang menyukai. Terbukti setelah flodesta membuat artikel tentang ternak semut rangrang penghasil kroto yang mas bro buat beberapa bulan yang lalu. Respon atau antusias sahabat semua sangat tinggi. Berbekal ilmu dan pengetahuan dari mas bro mereka dapat menjalankan ternak krotonya di rumah sendiri. Walaupun terkadang masih banyak yang mengalami kesulitan. Tentunya akan berbeda sekali jika belajar dan bertemu langsung dengan pemilik peternak kroto yang mengadakan pelatihan secara berbayar. Bisnis ternak kroto sekarang tidak hanya di tekuni oleh beberapa orang yang memang benar benar ingin mendapatkan penghasilan dari ternak kroto. Bahkan dari kalangan orang berduit juga telah menekuni bisnis ini. Sampingan kali ye...Sekarang para peternak kroto sudah banyak tersebar di kota kota di seluruh indonesia, khusunya pulau jawa. Tentunya sobat bisa dengan mudah untuk menimba ilmu atau ingin belajar mengiku