Langsung ke konten utama

RPP SKI MTS perkembangan Islam pada masa Khulafaurrasyidin


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P )
Nama Sekolah: Mts UIN Sunan Kalijaga
Mata Pelajaran: Sejarah Kebudayaan Islam
Kelas / Semester: VII (Tujuh)  / 2  (dua)
Alokasi Waktu: 4 x 40 Menit (2 pertemuan)
I.            STANDAR KOMPETENSI
4.  Memahami sejarah perkembangan Islam pada masa Khulafaurrasyidin
II.           KOMPETENSI DASAR
4.1 Mengambil ibrah dari prestasi-prestasi yang dicapai oleh Khulafaurrasyidin untuk masa kini dan       yang akan datang
III.          INDIKATOR
1. Menjelaskan  ibrah dari prestasi-prestasi yang dicapai oleh Khulafaurrasyidin
2. Mengimplementasikan ibrah dari prestasi-prestasi yang dicapai oleh Khulafaurrasyidin  dengan kehidupan sekarang dan yang akan datang
IV.         TUJUAN PEMBELAJARAN
1. Dengan metode inquiry siswa dapat menjelaskan ibrah dari prestasi-prestasi yang   dicapai oleh Khulafaurrasyidin
2. Dengan mengetahui ibrah dari prestasi-prestasi yang dicapai oleh khulafaurrasyidin siswa diharapkan bias mengimplementasikan dalam kehidupan sekarang dan akan datang.
V.           NILAI KARAKTER YANG DIKEMBANGKAN
Relegius, percaya diri, kerja keras, bertanggung jawab
VI.         MATERI PEMBELAJARAN
Ibrah dari prestasi –prestasi yang dicapai oleh Khulafaurrasyidin
VII.        PENDEKATAN/METODE/STRATEGI PEMBELAJARAN
a.           Pendekatan       : Rasional, discovery
b.           Metode              : Ceramah dan Tanya jawab, penugasan, diskusi
c.           Strategi : information search, inquiry, main map
VIII.       KEGIATAN  PEMBELAJARAN
A.      PENDAHULUAN
·       Guru membuka pembelajaran dengan mengucapkan salam dan berdoa (nilai ketaqwaan dan saling menghargai), 
·       Mengecek kehadiran dan kesiapan siswa serta kebersihan kelas. (nilai disiplin )
·       Menanyakan kabar siswa (nilai peduli)
·       Guru melakukan penjajakan kesiapan belajar siswa dengan memberikan pertanyaan tentang materi yang akan diajarkan. (rasa ingin tahu)
·       Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai
B.      KEGIATAN INTI
Eksplorasi
·       Siswa membaca buku tentang usaha dan jasa-jasa khulafaur Rasyidin(nilai religius, percaya diri,  kerja keras,   bertanggung jawab)
·       Membuat peta konsep tentang usaha dan jasa-jasa khulafaur Rasyidin(nilai mandiri).               
Elaborasi
·       Guru menyuruh murid secara acak untuk mempresentasikan hasil pembuatan peta konsep, murid yang lain menyimak dan bertanya (nilai percaya diri)
Kofirmasi
·       Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan. (nilai ingin tahu, menghargai keberagaman)
·       Guru menjawab pertanyaan tentang hal-hal yang belum diketahui siswa dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar. (nilai santun) 
·       Guru memberikan motivasi kepada siswa untuk lebih aktif lagi dalam pembelajaran berikutnya. (nilai cinta ilmu dan peduli)
C.      PENUTUP
·       Guru dan siswa melakukan refleksi terhadap pembelajaran yang telah dilaksanakan. (nilai saling menghargai dan peduli)
·       Siswa dibimbing guru menyimpulkan materi pembelajaran (nilai kerja sama, tanggung jawab dan logis)
·       Guru mengakhiri pembelajaran dengan berdoa dan mengucapkan salam. (nilai ketaqwaan/Religius)
·       Keluar kelas dengan tertib pada waktunya (nilai disiplin)
VIII.       PENILAIAN
A.      Teknik Penilaian:Tes Tertulis
B.      Bentuk Instrumen:Tes Uraian
1. Jelaskan  ibrah dari prestasi-prestasi yang dicapai oleh Khulafaurrasyidin!
2. Berilah contoh tentang sikap pemimpin yang adil dan bijaksana!
IX.          SUMBER BELAJAR / ALAT
a.       Sumber Belajar
·       Buku SKI untuk MTs kelas VII penerbit Toha Putra Semarang
·       LKS SKI untuk MTs kelas VII
b.      Alat
·       Kertas Hvs
·       spidol
Yogyakarta, 1 Mei 2012
Kepala Mts UIN Sunan Kalijaga                                                                                                Guru Mapel SKI                                           
Awalludin, S.Pd.I                                                                                                                 Awalludin, S.Pd.I

Komentar

Postingan populer dari blog ini

mohon solusinya Anak saya umur 9 tahun, udah 1 bulan lebih ngeluh sakit leher, kaku gak bisa bebas gerak bahkan di bawa jalan pun sampai seperti bungkuk karena nahan sakit. Udah berobat ke dokter, ke ahli pijit tapi tidak ada perubahan. Malah sekarang katanya menjalar ke tangan Saya bingung harus bagaimana lagi . Adakah yg ngalamin Sama seperti anak saya?? Mohon solusi dan masukan.

Saya mengerti kekhawatiran Anda. Sakit leher yang menjalar ke tangan dapat disebabkan oleh berbagai hal, termasuk: Cedera leher , seperti terkilir atau patah tulang. Radang sendi , seperti rheumatoid arthritis atau ankylosing spondylitis. Neuropati , yaitu kerusakan pada saraf. Penyakit autoimun , seperti lupus atau multiple sclerosis. Infeksi , seperti meningitis atau ensefalitis. Jika anak Anda telah berobat ke dokter dan ahli pijat, tetapi kondisinya tidak membaik, maka sebaiknya Anda konsultasikan kembali dengan dokter. Dokter akan melakukan pemeriksaan lebih lanjut untuk menentukan penyebab sakit leher anak Anda. Jika penyebabnya adalah cedera, maka dokter akan memberikan obat-obatan dan terapi fisik untuk membantu pemulihan. Jika penyebabnya adalah penyakit, maka dokter akan memberikan pengobatan yang sesuai dengan penyakit tersebut. Berikut adalah beberapa tips yang dapat Anda lakukan untuk membantu mengurangi rasa sakit anak Anda: Berikan kom...

Lele Fauzan Hasilkan Ratusan Juta Rupiah Sebulan

Jumat, 22 Maret 2013 10:29 Berani mencoba alias tidak takut gagal adalah prinsip yang mengantarkan Fauzan Hangriawan sukses menjadi pengusaha lele sangkuriang di Jakarta. Dengan modal terbilang mini, pemilik Sylva Farm Bangun Bangsa ini berhasil mengembangkan bisnis lele hingga meraup omzet ratusan juta sebulan. Pria kelahiran Pontianak 26 tahun silam ini memang doyan berbisnis sejak masih remaja. Ketika duduk di bangku SMP di Lampung, Fauzan kerap membantu orang tuanya berjualan kelapa dan beras. Lalu, sejak SMA, dia memberanikan diri membuka bisnis sendiri. Mulai dari berjualan sepatu, kuliner, hingga usaha percetakan, dilakoninya. Meski bisnis itu tidak pernah bertahan lama, Fauzan tidak kapok mencoba. Pada 2009, pria lulusan Fakultas Hukum Universitas Atmajaya, Jakarta, ini kembali mencoba bisnis baru yang belum pernah digeluti sebelumnya, yakni membudidayakan lele. "Pengetahuannya saya tentang budidaya lele sangat terbatas waktu itu. Tapi, saya bertekad mencobanya," kat...

M. RUANG KONSULTASI NITROBACTER

M. RUANG KONSULTASI NITROBACTER Nitrobacter adalah produk yang dilengkapi dengan pendampingan hingga berhasil. Customer dapat menggunakan layanan konsultasi by sms = 081-391-400-500 , telpon atau email ke tmsnitrobacter@gmail. com. langsung ke HP bapak Thomas Janardi formulator Nitrobacter. Hanya produk nitrobacter yang telah di beli melalui kantor pusat Purbalingga atau dari agen lain yang telah didaftarkan /registrasikan yang diberikan layanan pendampingan hingga panen berhasil. Registrasi menggunakan format nomor HP+nama+kota+kode agen +nomor nota misal “reg_08123456789 _agus_purwodadi_012 _CD19878” sms kan ke 081-391-400-500 Daftarkan segera agar produk nitrobacter yang anda beli (kecuali dari kantor pusat purbalingga) agar mempunyai daya guna lebih melalui pendekatan TEPAT GUNA ( bila tepat baru berguna ), agar mencegah kesalahan aplikasi atau kendala-kendala yang dihadapiKesimpulan 1. Nitrobacter adalah bakteri penting dalam siklus nitrogen di alam. Fungsinya mengubah nitrit men...